Archive | August, 2012

Masalah Kehidupan Rohani Seseorang

19 Aug

Seorang teman bercerita ketika kami membahas masalah Si Enok (bukan nama sebenarnya) yang sedang dilanda masalah karena seorang yang dianggapnya adik sempat masuk rumah sakit karena menyerang si Enok (adiknya ini seorang Autis) dan membuat dia harus kerja keras demi sang adik ini. Di grup sebuah network, kami mendoakan dan membantu Si Enok, begitu beres permasalahannya dia hilang bak ditelan bumi, padahal dulu dia rajin sekali tiap jam update statusnya dan selalu berseru-seru Tuhan Tuhan…!! Tentu saja sebagian di grup juga penasaran kemana si Enok sekarang ini, padahal udah dibantu sampai urusan finacialnya segala???

Teman saya ini cerita kalo Si Dona (bukan nama sebenernya) sangat antusias mau membantu Si Enok dalam kebutuhan dananya. Lalu ada ide untuk membuka stand makanan di salah satu event yang di adakan di Kota Gent, menjelang last minute, Si Dona membatalkannya, katanya (kurang lebih) dia batal membuka stand itu karena Tuhan yang kasih tau dia untuk tidak membantu Si Enok.

Jikalau seorang teman bilang Si Dona sudah menemukan jawabannya langsung dari Tuhan yang bicara lewat dia,  wajarkan jika ada pertanya seperti; “Kayak gimana bentuk jawaban dari Tuhannya? atau dia tau darimana kalo itu memang kata Tuhan? Dan ternyata bukan saja saya yang bertanya demikian, ada teman yang lain yang tanya sama seperti yang saya ajukan.

Dijawablah oleh teman saya ini bahwa itu alam Roh, tidak bisa dimengerti oleh orang yang belom mencapai kesana. Kira-kira begini jawaban teman saya ini :
“Seorang teman bicara padaku, “Aku berdoa pada Tuhan dan Tuhan menjawab persoalan ini dengan ceritanya begini : “Kuceritakan kembali ke teman yang lain Y,” si X bilang kalau Tuhan bicara padanya bahwa tentang persoalan ini Tuhan bicara begini… bla bla…”  si Y bertanya padaku,”gimana si..caranya Tuhan bicara sama si X ? koq si X tahu kalau itu bener Tuhan yang bicara padanya ??!!” 
Aku gak tahu..aku gak tahu… buatku sendiri aku tahu tapi untuk pribadiku sendiri dan teguhkan melalui RohNYA… tapi coba… dengarkan si Gilbert di link ini…biarlah Roh Kudus yang akan lebih jelas memberimu penjelasanNYA yang terang dan benar. dlm nama Yesus kiranya Hikmat dan Roh Tuhan dipekakan dalam kehidupanmu amin ! (lalu dia ngasih link Kotbah Gilbert Lumoindong – Paradigma Meraih Hikmat). 

Saya tau teman ini mo bilang kalo saya belom satu level sama dia dan si Dona yang selalu berdoa dengan bahasa Roh, sedangkan di Alkitab sendiri disebut Bahasa Roh itu tidak dimengerti manusia! Ada orang-orang tertentu yang memiliki talenta menterjemahkan bahasa Roh itu, jika bahasa Roh tidak bisa diterjemahkan di antara orang-orang yang tidak mengerti maka akan menimbulkan masalah dalam bersosialisasi, kecuali orang di sekitarnya sama-sama orang yang lahir baru dan mengerti akan perkerjaan Roh Kudus.

Bukan setiap orang yang berseru ke­pada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu!Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!

Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan da­tanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.

Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang men­diri­kan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.” Matius 7:21–27

Hati-hati, janganlah kita sombong rohani, karena jika begitu kita akan susah untuk ditegur jika salah…

Advertisements