Stews Brussels Sprouts (Spruitjes) Bumbu Bali

17 Dec

Description:
Sayur ini kalo gak empuk masak rasanya pait dan gak enak disantap. Biasanya dan sangat umum dimasak sop atau direbus lalu dihancurkan bersama kentang (mashed potato Brussels Sprouts). Bosan? Iya bosan masak kayak gitu terus, akhirnya setelah direbus sampai empuk saya stews (seharusnya ditumis, dalam rangka mengurangi pemakaian minyak goreng) minyaknya diganti pakai segelas air bisa juga pakai air kaldu jika ada, lalu masak hingga air menyusut. Rasanya enakkkk…

Ingredients:
* 200 gr Brussels Sprouts (mini kol) direbus sampai empuk
* 1 batang sereh, memarkan
* 2 lembar daun jeruk
* 1 lbr daun salam
* 1 gelas air
* Kecap manis sesuai selera
* Garam dan penyedap secukupnya

Bumbu Diblender :
* 6 buah cabe merah (sesuai selera)
* 3 siung bawang merah
* 2 siung bawang putih
* 2 buah tomat sedang iris-iris
* 1 ruas jahe
* 1 ruas lengkuas
* 4 butir kemiri sangrai (saya lagi gak punya jadi dilewat)

nb : biasanya bumbu bali ditumbuk kasar, versi saya diblender 🙂

Directions:
* Panaskan wajan, lalu masukan segelas air dan bumbu hasil blender dan sisa bahan. secara bersamaan lalu aduk rata. Masukan rebusan Brussels Sprouts (mini kol-nya) juga. Masak dengan api sedang (no 3 untuk kompor listrik) hingga air menyusut.
* Jika airnya sudah menyusut masukan garam, penyedap dan kecap manis, aduk merata, angkat dan siap untuk disajikan bersama nasi hangat dan lauk yang ada.

Advertisements

16 Responses to “Stews Brussels Sprouts (Spruitjes) Bumbu Bali”

  1. bydhadhary December 17, 2009 at 12:00 am #

    sedap nih…

  2. browniesjt December 17, 2009 at 12:00 am #

    Ide nih

  3. ekawidiyati December 18, 2009 at 12:00 am #

    bikin ngiler mba…..

  4. haleygiri December 18, 2009 at 12:00 am #

    ah kliatannya enak banget yola… rasane brussel sprouts spt apa? kobis kah?

  5. mrshickman December 18, 2009 at 12:00 am #

    mmmmmmmmm..look yummy

  6. ronny2yola December 18, 2009 at 12:00 am #

    bydhadhary said: sedap nih…

    bener mbak, yg bikin enak bumbunya hahaha 🙂

  7. ronny2yola December 18, 2009 at 12:00 am #

    browniesjt said: Ide nih

    sip say, bisa dicobain dehhh

  8. ronny2yola December 18, 2009 at 12:00 am #

    ekawidiyati said: bikin ngiler mba…..

    pake kembang kol mbak kalo gak dapet mini kol.. 🙂

  9. ronny2yola December 18, 2009 at 12:00 am #

    haleygiri said: ah kliatannya enak banget yola… rasane brussel sprouts spt apa? kobis kah?

    rasane kek kol gitu yu, pait… tapi kalo dah direbus empuk paitnya tetep ada sih hanya gak terlalu keras…

  10. ronny2yola December 18, 2009 at 12:00 am #

    mrshickman said: mmmmmmmmm..look yummy

    patut dicoba say bumbu balinya hihihi :))

  11. lilywagner December 18, 2009 at 12:00 am #

    yumu-yum….love brussels sprouts!! Excellent idea!!! May be i could try to put sambal balado too 🙂

  12. mamavicky December 18, 2009 at 12:00 am #

    wah ide bagus mbak hehe….brussels sproutsnya hasil kebun sendiri?

  13. ronny2yola December 19, 2009 at 12:00 am #

    lilywagner said: yumu-yum….love brussels sprouts!! Excellent idea!!! May be i could try to put sambal balado too 🙂

    sound great sis.. and add some meat maybe for more delicious…

  14. ronny2yola December 19, 2009 at 12:00 am #

    mamavicky said: wah ide bagus mbak hehe….brussels sproutsnya hasil kebun sendiri?

    iya mama vicky… bosen disop mulu, suka pait…beli mbak, kayaknya susah nanem mini kol itu teh

  15. vilimo December 21, 2009 at 12:00 am #

    kreatif banget say….

  16. rafriti December 22, 2009 at 12:00 am #

    wah baru tahu nih mba…,di Qatar ga ada sayuran ini…manteb tuh ya pedes2 manis…,kaya balado terong .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: