Archive | December, 2009

Stews Brussels Sprouts (Spruitjes) Bumbu Bali

17 Dec

Description:
Sayur ini kalo gak empuk masak rasanya pait dan gak enak disantap. Biasanya dan sangat umum dimasak sop atau direbus lalu dihancurkan bersama kentang (mashed potato Brussels Sprouts). Bosan? Iya bosan masak kayak gitu terus, akhirnya setelah direbus sampai empuk saya stews (seharusnya ditumis, dalam rangka mengurangi pemakaian minyak goreng) minyaknya diganti pakai segelas air bisa juga pakai air kaldu jika ada, lalu masak hingga air menyusut. Rasanya enakkkk…

Ingredients:
* 200 gr Brussels Sprouts (mini kol) direbus sampai empuk
* 1 batang sereh, memarkan
* 2 lembar daun jeruk
* 1 lbr daun salam
* 1 gelas air
* Kecap manis sesuai selera
* Garam dan penyedap secukupnya

Bumbu Diblender :
* 6 buah cabe merah (sesuai selera)
* 3 siung bawang merah
* 2 siung bawang putih
* 2 buah tomat sedang iris-iris
* 1 ruas jahe
* 1 ruas lengkuas
* 4 butir kemiri sangrai (saya lagi gak punya jadi dilewat)

nb : biasanya bumbu bali ditumbuk kasar, versi saya diblender 🙂

Directions:
* Panaskan wajan, lalu masukan segelas air dan bumbu hasil blender dan sisa bahan. secara bersamaan lalu aduk rata. Masukan rebusan Brussels Sprouts (mini kol-nya) juga. Masak dengan api sedang (no 3 untuk kompor listrik) hingga air menyusut.
* Jika airnya sudah menyusut masukan garam, penyedap dan kecap manis, aduk merata, angkat dan siap untuk disajikan bersama nasi hangat dan lauk yang ada.