Archive | December, 2008

Capcay Special

15 Dec

Description:
Bingung sumpah, akhirnya bikin capcay aja yg sekaligus lengkap sayur dan lauknya.

Ingredients:
* 6 lbr Sawi putih
* 2 buah Wortel
* 1 kaleng Jamur kancing
* 100 gr udang kupas
* 4 pasang hati ayam potong-potong
* 100 gr potong daging sapi potong-potong
* 1 blok boullion
* Minyak untuk menumis
* 1 sdt merica bubuk
* 2 sdt tepung maizena
* 1/2 gelas air dingin

Bumbu Halus Blender :
* 2 siung Bawang puith
* 1 siung bawang bombay

Directions:
* Tumis dagingnya sampai setengah matang, lalu masukan bawang putih dan bawang bombaynya, masak hingga wangi dan daging masak, lalu masukan sayurannya dan udangnya.
* Siapkan setengah gelas air, lalu tambahkan 2sdt tepung maizena lalu masukan ke dalam wajan aduk rata dengan capcay-nya lalu tambahkan boullion, aduk merata lalu siap sajikan

Image Hosted by ImageShack.us

Ayam Bawang Serai

13 Dec

Description:
Nonton acara memasak di BBC 3, menunya bikin ayam dibalado gitulah. Ih bahan-bahannya kok kayak bikin rica-rica hanya ini pake jeruk nipis hahaha… jadi aja bikin juga…

Ingredients:
* 8 biji Sayap ayam
* 1 kaleng jamur kancing

Bumbu halus diblender :
* 1 bawang bombay
* 2 siung bawang putih
* 4 sdm sambal ulak (8-10 cabe merah)
* 2 batang serai iris-iris
* 3 iris Lengkuas
* 1 buah citrun ambil airnya

Directions:
* Tumis bumbu halus sampai wangi dalam panci, lalu masukan sayap ayamnya
* Tambahkan air jeruk nipisnya lalu tutup pancinya, masak sampai dagingnya empuk dan setelah kuahnya menyusut masukan 1 blok boullion..
* Angkat dan siap sajikan.. yuk makannnn….

Image Hosted by ImageShack.us

Kue Onde-onde

1 Dec

Description:
Succes berat bikinnya, enakkkkkkk… Nolaaaa gue juga bikin tuhhh hahaha… paslah buat temen ngopi. Ribet harus ini itunya… kalo ada yg jual onde-onde, mendingan beli aja kali… gak cape jadinya 😀

Ingredients:
Bahan Isi :
* 200 gr kacang hijau rendam semalaman
* air sedukupnya
* 1/2 sdt garam
* 120 gr gula pasir
* 1/2 sdt vanilla bubuk

NB : bisa juga digunakan kacang hijau kupas (bisa langsung direbus tanpa harus direndam dulu).

Bahan kulit :
* 400 gr tepung ketan
* 60 gr tepung beras
* 200 gr gula pasir
* 1 sdt vanilla bubuk
* 1 sdt garam
* 200 ml air hangat
* wijen putih secukupnya untuk menggulingkan onde
* minyak untuk menggoreng

Directions:
I s i :
* Rebus kacang hijau sampai empuk dengan api kecil.
* Tambahkan gula dan vanilla, tambahkan air sambil diaduk sampai empuk, mengental dan air
mengering.
* Setelah adonan dingin, bentuk bulatan-bulatan yg besarnya sesuai selera utk isi onde.

K u l i t
* Campur tepung ketan, tepung beras, garam dan vanilla aduk rata
* Panaskan air dan buat larutan gula. Diamkan hingga hangat suam-suam kuku.
* Tuang larutan gula sedikit demis edikit ke campuran tepung, aduk rata, kemudian tambahkan air hangat secukupnya hingga adonan dapat dibentuk. Jangan terlalu lembek.

Penyelesaian :
* Ambil adonan tepung, tekan melebar dan setipis mungkin pada telapak tangan
* Letakan kacang hijau isi onde tersebut, kemudian tutup sampai rapat
* Gulingkan ke mangkuk isi wijen dengan agak ditekan supaya wijen menempel, lalu bulatkan adonan.
* Panaskan minyak lalu goreng onde-onde sampai mengapung dan berwarna coklat muda.
* Angkat dan tiriskan, setelah itu kue onde-onde siap dinikmat.. Bon Appétit..!