Archive | October, 2008

Jollof Rice

27 Oct

Description:
Duh lagi demam masak ala orang afrika nih, mentang-mentang Kate dari Ghana hahaha.. sebenernya sama aja sih seperti masakan di Indonesia, mirip nasi campur gitu. Mirip ke masak nasi Hainam juga, hanya ini banyak isinya daripada nasinya.

Ingredients:
* 2 cup beras
* air sesuai ukuran untuk memasak nasi 2 cup beras

Ditumis dulu :
* 2 siung bawang putih
* 2 siung bawang bombay iris-iris
* 3 buah tomat iris-iris
* 1 sdt pili-pili
* 1 kaleng Pure tomat << spy warna merah
* 100 gr udang kupas
* 1 kaleng Ikan Tuna
* 1 Kaleng Ikan Mackerel
* 1 kaleng kidney bean
* 1 batang wortel dadu
* 10 buah buncis potong kecil-kecil (banyak lebih bagus)
* minyakuntuk menumis
* Maggi Shrimp (ini dikasih dari Kate krn ciuman dijual di African Shop)

Directions:
* Tumis semua bahan, mulai dari bawang putih, bombay dan tomat sampai harum lalu sisa bahannya, terakhir beras lalu tambahkan air, setelah itu pindahkan ke ricecooker, masak hingga matang
* Sajikan bersama ikan goreng atau ayam goreng..

Image Hosted by ImageShack.us

Advertisements

Pepper Sauce with Fish.

25 Oct

Description:
Ini sambel ala Ghana – Afrika. Lucu bikin sambelnya, tapi pas udah dicoba enak juga. Cocok nih dimakan pake lalapan dan nasi anget… Bisa liat disini step by step cara bikin “Komplit Menu ala Ghana – Afrika : Banku, Sambal Ikan Asin dan Ikan Goreng

Ingredients:
* 4 buah tomat
* 2 buah bawang bombay
* 2 buah Habanero atau cabe merah laennya
* 100 gr Ikan asin (disarankan jambal roti)
* 3 gelas air

Directions:
* Rebus ikan asin dalam panci sampai empuk.Sisa air rebusan ikan masukan ke dalam blender.
* Iris tomat dan bawang bombay, lalu masukan ke dalam blender
* Tumbuk kasar ikan asin yang sudah direbus itu lalu campur dengan cabe/habanero yang sudah ditumbuk halus, terakhir masukan blenderan tomat dan bawang bombaynya. Aduk merata dengan cabe dan ikan tadi.
* Sajikan bersama Banku dan Ikan Nila Goreng…Yang gak bisa makan pedas, ganti cabenya dengan cabe merah biasa, kalo nggak bisa sakit perut kepedesan…

Image Hosted by ImageShack.us

HABANERO

Foto taken from www.growing-peppers.com

Semur Hati Ayam Bumbu Barbeque

22 Oct

Description:
Pasti pada punya bumbu untuk barbeque. Gitu juga gue punya bumbu barbeque yg dikasih dari Kang Yudi di Afrika Selatan. Bumbunya ada dua jenis, yang untuk pork/sapi/ayam dan khusus untuk lambs. Ya udahlah cobain yang bumbu lambs-nya, wanginya lebih nyengat, karena lebih banyak herbs-nya. Bebaslah bisa pake bumbu barbeque apa aja, kebeneran aja gue punyanya ini dan masih banyak isinya. Kayak gini nih kemasannya.

Ingredients:
* 200 gr hati ayam
* 3 sdt bumbu bbq
* 1 sdt bawang putih bubuk
* 2 lbr daun jeruk
* 1 gelas air
* Kecap manis secukupnya
* Minyak untuk menumis

Isinya Tyhm, oregano, sere, ama bumbu herbal laennya
Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Directions:
* Panaskan minyak, lalu masukan, bawnag putih bubuk, bumbu barbequenya, daun jeruk…
* Setelah harum masukan hati ayamnya, tambahkan air masak hingga air menyusut dan hatinya matang, kemudian tambahkan kecap manisnya.
* Karena bumbu barbeque itu udah enak rasanya, jadi gak perlu pakai garam dan penyedap. Angkat dan sajikan.

Image Hosted by ImageShack.us

Rujak Cuka

10 Oct

Description:
Pengen yang seger dan praktis?? cobain bikin rujak cuka yuk…

Ingredients:
* Nanas
* Mangga
* Kol
* Gula Merah
* Ebi
* Cabe Merah
* 2 lt air

Pelengkap :
* kacang goreng

Directions:
* Buah-buahan dan sayuran dipotong-potong sesuai selera. Kaloa da jambu air, kedondong lebih bagus lagi…
* rebus air bersama gula merah ebi dan cabe yang udah ditumbuk kasar sampe mendidih angkat dan tirisan.
* Setelah dingin masukan potongan buah-buhan dan irisan kol lebih pas kalo ada toge…

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Sayur Gudeg Ala kadarnya

6 Oct

Description:

Kemaren cuaca ihhh najong dehhh… ujan seharian dari subuh sampe malem. Dingin kesimpulannya. Sorenya bikin kolak pisang, abis pengen yang manis-manis tea. Ternyata pisangnya cuman ada dua doang, mana kuah kolaknya kebanyakan. Ada sisanya, sayang dibuang juga, akhirnya dipake untuk bikin sayur gudeg ini. Sayurnya rada antik soalnya kemirinya diganti pake kacang goreng yang ditumbuk bareng sama bumbu halusnya… Ngedadak sih, gak keburu sangrai kemirinya. Terus ada wangi vanila dan pandannya. Tapi enakkk, selain succes warnanya warna gudeg yogya rasanya juga sedappppppppp.. *laper sihh*

Ingredients:
* 2 kaleng nangka muda
* 2 lbr daun jeruk
* 1 lbr daun salam
* 1 cm laos memarkan
* 1 gelas air

Bumbu halus :
* 2 siung bawang putih
* 2 siung bawang merah
* 3 sdt kacang goreng
* 1 sdt ketumbar bubuk

Directions:

* Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan laos hingga harum
* Masukan Nangka dan air
* Setelah air menyusut, lalu masukan kuah kolaknya (santan-gula merah)
* Tambahkan boullion (cicipin kalo kurang asin tambah garam) lalu angkat dan sajikan.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us