Archive | February, 2008

Kering Kentang Teri Kacang

28 Feb

Description:
Ini buatnya dah lama, natal tahun 2007 lalu, hanya sebelom lupa gue posting deh resepnya. Lumayan awet disimpan juga. Sampe sekarang masih enak. Lumayan banyak kerjaan harus goreng-goreng dulu. Apalagi bagian kentangnya, tapi puaslah ama hasilnya…

Ingredients:
* 3 buah Kentang diserut
* 100 gr Ikan Teri
* 50 gr Kacang Tanah Goreng
* 4 buah cabe merah potong jadi 3 bagian
* 1 siung bawang putih cincang halus
* 4 blok gula merah haluskan supaya gampang
* 2 sdm makan minyak wijen (bisa minyak sayur)

NB: yang suka pedes bisa pake cabe rawit

Image Hosted by ImageShack.us

Directions:
* Tumis cabe merah dan bawang putih sampai harum, lalu masukan kentang, teri dan kacang tanah digoreng kering, aduk rata.
* Masukan gula merah, sampai larut nyatu dengan bahan-bahan.
* Angkat dan tiriskan.

Orak Arik Kol Telor Daging

27 Feb

Description:
Menu makan siang, ide dari Sannyo bikin orak arik kol campur telor. Wah asik ada sisa daging, ya udah sekalian aja gunting-gunting, masak deh… Udah lama gak masak kayak gini, abisnya kol disini keras-keras.. *alesan*

Ingredients:
Kol iris secukupnya
2 buitr telor
Daging seadanya
1 siung bawang putih cincang halus
1/2 gelas air
Merica dan garam secukupnya

Directions:
* Ceplok telor, jgn terlalu hancur, lalu masukin dagingnya, lalu bawang putih cincangnya.
* Masukan irisan kolnya, tambahin air.. masak hingga air menyusut dan kol empuk.
* Sajikan bersama nasi panas

Mie Goreng ala gg sempit Bandung

25 Feb

Description:
Pernah rasain mie gg sempit di Bandung?? Aduhhhh enak bangetttttttt. Dulu kalo acara ultah keluarga or temen-temen pasti kalo pengen menu mie or capcay ya kesini tempatnya

Ingredients:
Image Hosted by ImageShack.us

Directions:
Seperti masak mie goreng pada umumnya

Soup

25 Feb

Description:
Menu yang cocok untuk yang sakit ya paling sup. This is simple food for them.

Ingredients:
* 4 pcs Chicken wing
* Wortel iris dadu
* 10 biji Farfalle pasta
* 1 blok boullion chicken
* 1 liter air

Directions:
* Masak semua dalam panci sampai mendidih, tambahkan boullion, lalu setelah daging empuk, angkat dan siap disantap…
Image Hosted by ImageShack.us

MFM#12 : Masak Telur Bumbu Bali

21 Feb

Description:
Yeny Sayang, untuk meramaikan MFM#12 yang bertema telor, gue akhirnya masak ini deh… abisnya gak bisa bikin cake or laennya. Gak apa-apa ya yang simpel kek gini, yang penting enak 😉

Ingredients:
* 6 butir telur direbus (kalo sempat goreng sebentar)
* 4 buah cabe merah
* 2 siung bawang merah cincang halus
* 1 siung bawang putih cincang halus
* 1 buah tomat iris-iris
* 1 ruas jahe, memarkan
* 1 batang sereh, memarkan
* 1 lbr daun salam
* 1/2 gelas air
* Kecap manis sesuai selera
* Garam dan penyedap secukupnya
* Minyak untuk menumis

Directions:
* Panaskan wajan, lalu tumis hasil ulekan kasar cabe, tomat, bawang merah dan bawang putih beserta, jahe , sereh dan daun salam sampe wang, lalu masukan rebusan telor, tambahkan air.
* Masukan garam dan penyedap dan kecap manis, lalu aduk sampai air menyusut, angkat dan sisihkan.
* Telor bumbu bali siap untuk disantap pake nasi panas dan tumis sayuran… enak…

Image Hosted by ImageShack.us

Bihun Wortel Daging Goreng/Fried Vermicelli Rice Carot and Meat

19 Feb

Description:
Mentang-mentang nyetok wortel untuk jus andalan itu, jadinya kebanyakan wortel.. terus stok beras abis nih… ada bihun ama mie, akhirnya mendingan bihun digoreng campur sayuran ama sisa daging sapi yang tadinya mo dibuat rendang. Jadi deh bihun wortel daging goreng :D:D

Ingredients:
Image Hosted by ImageShack.us

Directions:
Semua tau caranya kan…. cobain enakkkkkk jgn lupa sambelnya rada banyak…
oh iya ini dicampur daun surawung, jadinya wangi sambelnya di bihunnya sewangi di restoran sunda xixixix…

MFM#9 : Steak Dengan Mashed Potato Brokoli Keju

16 Feb

Description:
Ini resep saya buat sebenernya untuk meramaikan MFM#9 yang bertema tentang kentang. Buat mbak haleygiri sorry gak keburu bikin menu jagungnyaaa. Kali ini saya buat masakan khas Belgium (eropa pada umumnya) yang umum dan gampang, steak dengan mashed potato campur brokoli keju. Kedengerannya aneh, tapi enak, tapi ampuh untuk maksa anak makan sayur hehehe…

Ingredients:
* 1 buah brokoli, potong
* 500 gr kentang, rebus dan hancurkan (tumbuk)
* 150 gr beef steak (bagi dua) — terserah selera besarnya
* 100 gr keju parmesan
* 2 sdm Mentega
* merica secukupnya
* garam secukupnya

Directions:
* Rebus brokoli sampe layu, lalu buang air rebusannya
* Masih dalam panci brokolinya, masukan mentega, aduk-aduk sampai cair sambil masukan kentang yang sudah ditumbuk tadi, dan keju, aduk sampai bercampur dengan brokolinya, lalu tiriskan
* Sebelom digoreng, taburi daging garam dan merica bolak balik, setelah mentega cair di wajan, masukan dagingnya, bolak balik sampai matangnya dirasa telah cukup
* Siapkan piring, ambil satu-dua sendok makan kentang brokoli tadi dan dagingnya, taburin minyak bekas menggoreng di atas keduanya, siap untuk dihidangkan.