Archive | January, 2008

Balado Terong

31 Jan

Description:
Bosen gak tau pengen makan apa… tapi pengen yang pedes.. daging, telor, ayam, ikan juga dah bosen.. akhirnya kemaren nitip Ronny beliin aubergine di LIDL 2 biji dan baru dimasak tadi. Supaya gak nyerap minyak banyak, si terongnya ditaburin dulu garam, jadinya air di dalam terongnya keluar terus pas digoreng bisa garing kayak gorengan ubi.. jadi demi terong pedes gak hambur minyak, ya sejam deh direndem taburan garem. Enakkkk.. hua.. pedes pedes nikmat gitu…

Image Hosted by ImageShack.us

Ingredients:
* 2 buah Terong potong-potong
* 1 lbr daun salam
* 1 sdt gula pasir
* Garam dan penyedap secukupnya
* Minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
* 6 buah Cabe merah
* 1 buah tomat
* 2 siung sjalot
* 3 siung bawang putih

Directions:
* Goreng terong sampe garing, lalu tiriskan
* Tumis bumbu dan daun salam halus sampai harum
* Masukan terongnya aduk merata, tambahkan garam dan penyedap
* Angkat dan siap disajikan

Image Hosted by ImageShack.us

Lontong Tuyuhan

28 Jan

Description:
Gara-gara ada review tentang Lontong Tuyuhan, akhirnya ekke bikin tuh Opor Tuyuhan plus lontongnya juga… Ini adalah masakan daerah khas Kota Rembang, Jawa Tengah. Eh jadi inget RA Kartini kalo nyebut kota ini hihihi…
Enak nendang bo opornya ini, rasanya juga exotic banget, karena ada rasa kencur, pala dan jinten. Coba aja kalo bikin opor ditambah kencur, kemiri, jinten dan pala… sedappp bangett

Image Hosted by ImageShack.us

Ingredients:
* ½ ekor ayam kampung, potong 4 bagian
* 4 buah hati ayam
* 4 buah ampela ayam
* 4 buah lontong
* 3 buah cabai merah, iris tipis
* 1 lembar daun salam
* 1 batang serai, memarkan
* 1 sdm garam
* 750 ml santan encer campuran air dari 1 kaleng besar santan
* 400 ml santan kental dari 1 kaleng besar
2 sdm minyak untuk menumis

** pake ayam untuk sup atau maiskip

Bumbu Halus :
* 7 buah cabai merah (fresh)
* 5 butir kemiri, sangrai
* 4 sdt bawang merah
* 2 sdt bwang putih
* 1 sdt lengkuas
* 1 sdt ketumbar
* ¼ sdt jintan
* ½ sdt kencur
* ¼ sdt pala
* ¼ sdt kunyit
* ½ sdt jahe

Image Hosted by ImageShack.us
** Karena darurat dan udah penasaran pengen bikin, akhirnya saya pakenya semua bumbu bubuk, yang fresh persediaan sudah pada abis kecuali cabe merah. Kalo mo coba sebaiknya bumbu fresh spy lebih nendang rasanya. Rasa rempah-rempahnya kuat.

Directions:
* Panaskan minyak. Tumis cabai merah sampai layu.
* Tambahkan bumbu halus, daun salam, dan serai sampai harum.
* Masukkan hati dan ampela. Masak sampai berubah warna.
* Masukkan santan encer, garam. Masak sampai ayam matang.
* Tuang santan kental. Masak sampai mendidih.
* Sajikan bersama lontong dan ayam beserta kuahnya.

Image Hosted by ImageShack.us

Resep dimodifikasi, disesuaikan dengan perlengkapan bumbu :D. Sumber resep bisa dilihat dari: supjagungmanis.com

Hati Ayam Bumbu Paniki

25 Jan

Description:
Dasar sehati ama Lina dia bikin ayam panggang paniki, saya bikin hati ayamnya. Dia dipanggang, saya dimasak setengah gulai. Soalnya lagi kepengen pake santan hihihii…jadi agak divariasiin dikit. Mayanlah enak manis pedas gurih santan jadinya.

Ingredients:
* 100 gr hati ayam
* 2 kaleng kidney bean
**untuk nambah darah jadi pake kacang merah, kebetulan lagi kurang darah…

Bumbu Halus :
– pake bumbu yang udah jadi, lagi males ngoprek bumbu 😀
klik gambarnya utk detail bumbunya
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Directions:
* Rebus hati ayam sampai setengah matang, tiriskan
* Tumis bumbu, lalu masukan air segelas dan santan 400 ml dan masukan hati serta Kidney Bean. Masak hingga menyusut airnya, angkat dan sajikan

Image Hosted by ImageShack.us

Sambal Tempe

20 Jan

Description:
Asik lagi banyak tempe, jadi mo bikin yang dari tempe lagi… 😀 Maunya sih bikin sambal oncom, tapi sambal tempe ala orang bandung hhmmm enak banget… mana ujan dingin kayak gini, enakkkk, btw ini termasuk menu diet gak??? kan kalo makan jadi pengen nambah hihihi…

Ingredients:
– 1 blok Tempe potong dadu
– 6 cabe merah
– 3 cabe rawit
– 2 siung bawang putih
– 1 buah tomat cincang
– 10 lbr daun surawung/kemangi (makin banyak makin enakk)
– Garam dan penyedap
– Minyak untuk menggoreng

Directions:
– Ulek tempe bersama cabe, bawang putih dan bawang merah setengah kasar, sisihkan
– Panaskan minyak, lalu masukan irisan tomat dan ulekan tempenya sedikit demi sedikit.
– Lalu masukan daun surawungnya, garam dan penyedap
– Jika sudah harum, angkat dan siap disantap dengan nasi panas.

Mendoan

19 Jan

Description:
Image Hosted by ImageShack.us

Ketularan delkery juga bikin mendoan. tempe yang dimasak setengah matang, enak dan sehat buat ngemil. Resepnya lihat delkery tapi ada beberapa bahan yang gak saya masukin 😀

Ingredients:
* 1 pak tempe., iris tipis dan lebar yaa.. dan rendam dalam air garam yg udah campur dgn bawang putih.
* 150 gram tepung beras
* 50 gram terigu
* 50 cc air or secukupnya buat adonan tepung.
* 1 sdt ketumbar bubuk
* 1 sdt merica bubuk
* 1 sdt bawang putih bubuk
* 1 sdt bawang merah bubuk
* 1 gelas air
* garam dan penyedap secukupnya

Directions:
* Campur semua bahan dalam wadah plastik, aduk rata tambahkan air.
* Kemudian masukan tempe satu per satu ke dalam adonan, lalu goreng dalam minyak banyak dan panas
* Setelah terlihat agak kecoklatan angkat. Hidangkan selagi hangat. Bisa dicamil gitu aja… enakkk 😡

Bihun Goreng

17 Jan

Description:
Gak sengaja, ternyata menunya satu ide sama Kak Nella. Dia juga bikin bihun tapi lengkap pake sayur hijaunya, gue cuman kol ama sawi putih doang. tapi pasti enaknya sama… gak kalah hihihi…

Ingredients:
* 1 Blok Bihun (1 plastik 4 blok) direbus
* Kol iris sepuasnya
* Sawi putih iris sepuasnya
* 4 sosis iris-iris
* 1 potong daging sapi ukuran steak potong dadu
* 1 sdt merica bubuk
* Garam dan Penyedap secukupnya
* Kecap manis
* Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
* 1 siung bawang merah /sjalot
* 1 siung bawang putih
* 1/2 tomat

Directions:
* Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukan daging dan sosis masak hingga setengah matang, setelah itu masukan sayuran masak hingga layu.
* Masukan bihun, aduk merata dan terakhir masukan garam, penyedap dan terakhir kecap manis. Aduk bihun hingga rata.
* Sajikan selagi hangat.

Image Hosted by ImageShack.us

Angeun Kacang Beureum

15 Jan

Description:
Sono pisan kana sayur ieu… akhirnya abdi masak oge angeun kacang beureum ala urang Bandung. Harusnya sih gak pake daging, tapi ah daripada daging utk supnya gak kepake, mendingan campur untuk sayur ini. Hayu atuh makan sareng abdi… pake ikan asin mun aya hihiihi…

Ingredients:
2 kaleng kidney bean
1 potong daging sapi utk sup potong jadi 6 bagian
1 ltr air
1 lbr daun salam
1 ruas Laja (lengkuas)
1 bh tomat, potong 4
2 btg daun bawang, diiris

Bumbu halus :
2 bawang merah
1 bawang putih
1- 2 sdm gula merah
1 sdm air asam jawa
Garam dan penyedap secukupnya

Directions:
* Rebus daging sapi hingga setengah empuk bersama tomat, daun salam dan lengkuas.
* Masukkan semua bumbu, masak hingga mendidih, lalu masukan kacang merahnya.
* Terakhir masukkan daun bawang. Masak hingga cukup layu.
* Sajikan hangat, enak teh manis-manis asem kitu.. 😀